Mengenal Fungsi dan arti kode bank

Seiring perkembangan teknologi yang sudah semakin canggih aktivitas transfer antar bank sudah semakin jamak dilakukan. Terlebih saat ini jaringan internet sudah semakin cepat, membuat kamu bisa melakukan transfer antar bank lebih mudah dengan kode transfer bank. Kali ini akan dijelaskan lebih detail mengenai Fungsi dan arti kode bank.

Sekilas Tentang Layanan Perbankan

Di era modern ini Pemerintah terus berusaha untuk meningkatkan akses layanan perbankan. Salah satunya menerapkan teknologi keuangan yang memudahkan masyarakat dalam mengakses keuangan. Salah satunya adanya internet akan memudahkan nasabah dalam transfer antar bank dengan memanfaatkan kode transfer bank.

Aktivitas transsssfer tidak hanya dilakukan di kantor cabang bank terdekat, kamu juga bisa melakukannya di mesin ATM dan transaksi secara online. Adanya transaksi online ini untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan minat belanja online yang semakin tinggi. Dalam hal ini transfer bank tidak terhindarkan lagi.

Apabila transfer antar sesama bank maka proses transaksi akan lebih mudah dilakukan. Apabila transfer lain bank maka pada saat transfer melalui mesin ATM, sms banking, dan internet banking membutuhkan kode transfer. Hal ini bertujuan agar proses transfer bisa dilakukan.

Fungsi Kode Bank

Adanya kode bank akan memudahkan proses transfer antar bank yang berbeda bisa dilakukan dengan lancar. Fungsi utama kode bank adalah sebagai kode numerik untuk transaksi transfer antar bank yang berbeda.

Apabila kamu transfer antar bank yang berbeda tanpa kode transfer maka transaksi akan gagal. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan lebih detail terkati Fungsi dan arti kode bank. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut:

  1. Sebagai identitas bank

Setiap bank memiliki kode bank yang nantinya bisa kamu gunakan pada saat transfer beda bank. Hal ini bertujuan sebagai pengenal atau identitas setiap perusahaan bank agar tidak terjadi kesalahan pada saat transaksi.

  • Transfer lebih mudah dan efektif

Memasukkan kode bank dengan benar akan membuat kamu lebih mudah untuk melakukan transfer tanpa mengalami kesalahan. Adanya kode transfer ini akan memudahkan baik pengirim atau penerima dalam proses pemindahan dana.

Transfer Uang Lewat Bank

Bagi kamu yang ingin melakukan transfer, tidak harus ke bank kini kamu bisa memanfaatkan mesin ATM terdekat, SMS banking atau Internet banking. Caranya cukup mudah tinggal menuju menu utama dan klik menu transfer. Setelah itu kamu bisa memasukkan nominal uang yang akan dikirim dan memasukkan nomor rekening bank tujuan.

Apabila kamu transfer uang ke sesama bank maka tidak perlu menggunakan kode bank. Sehingga transaksi transfer bank bisa langsung dilakukan dengan cepat. Kalau transfer ke jenis bank yang berbeda maka kamu perlu kode bank yang akan dituju. Penting dan perlu diketahui untuk pemain slot online terpercaya.

Daftar Kode Transfer

Fungsi dan arti kode bank adalah untuk memudahkan identifikasi transaksi transfer bank. Biasanya kode bank ini terdiri dari 3 angka. Setiap bank memiliki kode yang berbeda seperti berikut ini :

Nama bank                              kode bank

BRI                                          002

BNI                                         009

MANDIRI                               200

BCA                                        014

Bank Danamon                       011

Bank Muamalat                      147

Bank BII Maybank                 016

Bank Permata                         013

Bank Mega                             426

Bank Sinarmar                        153

Bank CIMB Niaga                  022

Bank CIMB Niaga Syariah     022

Bank Bukopin                         441

Bank BTPN                             213

Bank OCBC NISP                   028

Itulah penjelasan mengenai Fungsi dan arti kode bank untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transfer dana antar bank yang berbeda. Apabila transaksi sudah berhasil kamu akan mendapatkan struk transaksi sebagai bukti yang keluar dari mesin ATM. Kalau menggunakan internet banking atau sms banking kamu akan mendapatkan notifikasi email atau sms.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *